POST-ARTICLE BATCH 2 SOCIAL ON THE ROAD

Hari Peduli Sampah Nasional (Pre Event)

Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) diperingati setiap tanggal 21 Februari di Indonesia untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan mengelola sampah dengan benar. HPSN menjadi momentum penting bagi pemerintah, masyarakat, dan organisasi lingkungan untuk meningkatkan kesadaran dan tindakan nyata dalam pengelolaan sampah. Untuk memeriahkan momentum ini, Social On The Road (SOTR) berkolaborasi dengan Clean and Green, salah satu unit kegiatan mahasiswa Universitas Islam Bandung (UNISBA). SOTR berhasil menyelenggarakan kegiatan ini secara langsung di Aula Pascasarjana UNISBA dan mendatangkan mahasiswa dari berbagai macam fakultas di Universitas Islam Bandung, mahasiswa Fakultas Psikologi se-Kota Bandung, dan siswa SMA yang diundang oleh SOTR untuk berpartisipasi. Dalam kegiatan ini, terdapat berbagai sesi mencakup materi tentang teknologi atau inovasi yang ramah lingkungan, serta kegiatan praktik pembuatan prakarya untuk mengimplementasikan pengelolaan sampah.

Food Drive 

Food Drive merupakan kegiatan pengumpulan makanan berupa snack kering yang mendekati kedaluwarsa maksimal sebulan untuk didonasikan dalam bentuk goodie bag. Setelah terkumpul, makanan ini didistribusikan pada hari Jumat, 23 Februari 2024 di sekitar Institut Teknologi Bandung dan Balubur Town Square. Dalam kegiatan ini, SOTR berhasil mengumpulkan donasi makanan sebanyak 153 snack kering yang diperoleh dari mahasiswa UNISBA dan para peserta yang turut hadir di acara HPSN, yang dikemas menjadi total 29 goodie bag. Sasaran yang dituju pada kegiatan ini adalah masyarakat sekitar dan pengemudi ojek online.

Food Bank Bandung (Main Event)

Pada puncak acara di Batch 2, SOTR berkontribusi dan berpartisipasi secara langsung sebagai volunteer dalam pengelolaan makanan sisa yang dihasilkan dari empat hotel yang bermitra dengan Food Bank Bandung. Rangkaian kegiatan di acara ini meliputi food rescue, food preparation, food collection, dan food distribution yang dilakukan ke beberapa yayasan yang membutuhkan seperti Rumah Pelangi, Yayasan Bagea, dan Al-Fitroh. Kegiatan  ini bertujuan untuk mengurangi sampah makanan dan meningkatkan kesadaran diri serta empati dalam pengelolaan makanan berlebih yang ajaibnya masih bisa diolah menjadi makanan utuh serta layak untuk dimakan.

Dokumentasi:

Pre-Event

Main-Event


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *