Mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong mengadakan kegiatan Webinar Islam Psikomuda 2024 dengan tema “Islam dan Tantangan dalam Mental Healthpada Kamis 4 Juli 2024. Kegiatan webinar ini dilaksanakan dengan media Zoom Meeting dan berlangsung mulai pukul 10.00-12.23 WIT. Dengan mengundang Agus Haryatmo, S.Psi., Psikolog sebagai Narasumber.

Webinar ini merupakan agenda tahunan yang diadakan oleh Program Studi Psikologi UNIMUDA Sorong, sekaligus menjadi webinar Islam ketiga yang dilaksanakan. Kegiatan webinar ini turut serta menggandeng berbagai UKM dan Himpunan mahasiswa yang ada di UNIMUDA Sorong sebagai media partner, di antaranya adalah Komisariat IMM UNIMUDA, HIMAPAI UNIMUDA, HIMATANSI UNIMUDA, HUMANIST UNIMUDA, HUMMAN UNIMUDA dan HIMATEKFORS UNIMUDA. Tidak hanya itu, webinar ini turut serta menggandeng media partner dari eksternal UNIMUDA, seperti Ikatan Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia (ILMPI) Wilayah VI, IPPNU Kabupaten Sorong dan Kopukabar sebagai portal media berita terbesar dan terpopuler yang ada di Provinsi Papua Barat Daya.

Webinar yang terbuka untuk umum dan gratis biaya registrasi ini dihadiri lebih dari 100 orang peserta. Uniknya lagi, peserta yang mengikuti webinar ini terdiri dari berbagai kalangan, tidak hanya mahasiswa, tetapi juga masyarakat umum yang ada. Meskipun webinar ini mengangkat tema Psikologi Islam, tetapi tidak sedikit peserta non-muslim yang ikut bergabung dalam webinar tersebut. Tidak hanya itu, peserta yang mengikuti kegiatan webinar ini juga tidak hanya berasal dari Mahasiswa Internal UNIMUDA Sorong, melainkan berbagai kampus yang ada di Indonesia, di antaranya Universitas Diponegoro, Universitas Islam Riau, Institut Kesehatan Deli Husada, Universitas Padjajaran, Universitas Labuhanbatu, Universitas Halu Oleo, UIN Salatiga, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, IAIN Kediri, IAIN Manado, dan lain sebagainya. 

Acara webinar juga turut dihadiri oleh Nengsih Sri Wahyuni, S.Sos., M.A, selaku Kepala Program Studi Psikologi UNIMUDA Sorong, untuk memberikan sambutan sekaligus membuka acara Webinar Islam Psikomuda 2024. Turut hadir juga Tri Permata Sari, M.Psi., Psikolog, selaku Dosen pengampu Mata Kuliah Intervensi Psikologi dalam Islam.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Agus Haryatmo, S.Psi., Psikolog, selaku Narasumber.

’Sering terjadi miskonsepsi di masyarakat terkait masalah kesehatan mental dalam Islam, anggapan bahwa masalah kesehatan mental adalah tanda kelemahan iman atau kurangnya kepercayan kepada Allah, padahal nyatanya tidak selalu begitu. Orang dengan masalah kesehatan mental tertentu bukan berarti mereka lemah iman dan begitupun sebaliknya.’’

Beliau juga menambahkan:
‘’Islam dan kesehatan mental itu sudah lengkap, bahwa solusi dari segala permasalahan mental sudah ada dalam Islam. Hanya saja, kenyataannya Islam seringkali ‘terlihat’ tidak mampu untuk menjadi solusi dalam masalah kesehatan mental. Konsep Psikologi dalam Islam sudah sangat sempurna, Jika ada Psikolog terbaik di dunia, maka Rasulullah adalah orangnya.’’

Acara webinar berlangsung interaktif antara peserta dan narasumber, antusiasme dari peserta juga begitu luar biasa. Banyak sekali pertanyaan yang masuk, tetapi karna keterbatasan waktu beberapa pertanyaan yang bisa terjawab. Panitia juga menyediakan doorprize berupa e-money bagi empat orang penanya terbaik. 


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *