Webinar Jurnalistik Nasional dengan tema “Mewujudkan Jiwa Jurnalis Muda Yang Anti Hoax dan Plagiarisme di Era Digital”

Hari, Tanggal Sabtu, 11 Juni 2022
Penyelenggara  LPM Erythro FK Universitas Sebelas Maret Surakarta

Webinar Jurnalistik Nasional dengan tema “Mewujudkan Jiwa Jurnalis Muda Yang Anti Hoax dan Plagiarisme di Era Digital” diselenggarakan oleh LPM Erythro Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta pada Sabtu, 11 Juni 2022 secara online melalui Zoom Meeting. Webinar ini menghadirkan seorang pembicara, yaitu Bapak Andry Hariana, Kepala Liputan di Sariagri.id, Mantan Senior Kepala Peliputan Daerah Indosiar dan SCTV, serta Asesor di Dewan Pers. Webinar ini terbuka untuk umum dan dihadiri oleh lebih dari 80 orang.

Bapak Andry Hariana mengungkapkan bahwa di Indonesia, pers menjadi kekuatan keempat pada masa kemerdekaan. Setelah tahun 1994, pers sampai pada era kebebasannya dan teknologi semakin berkembang. Perkembangan teknologi ini juga mengakibatkan banyaknya berita hoax yang menyebar di media. Bahkan, besarnya nama sebuah media tidak menjadi jaminan untuk tidak menerbitkan berita palsu. Selain itu, berkembangnya teknologi juga mengakibatkan semakin cepatnya berita beredar dan tuntutan mendapatkan iklan sehingga timbul patokan penerbitan konten atau berita yang jumlahnya sangat banyak. Akibatnya, plagiarisme marak dilakukan agar tuntutan tersebut dapat dilaksanakan.
Plagiarisme memiliki dampak yang cukup berisiko karena dapat mengurangi bahkan menghilangkan kepercayaan masyarakat terhadap media berita.

Pemaparan materi diakhiri dengan sesi tanya jawab dan pemberian sertifikat dari Ketua LPM Erythro, Nabilah Putri Nabinghah, kepada Bapak Andry Hariana. Webinar ini berakhir pada pukul 10.42 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published.