Peluang dan Tantangan Psikologi Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0

9 September 2019, Jurusan Psikologi bersama Hima Psikologi bekerjasama dengan  UKM Forpio, LSI serta Dynamic telah sukses melaksanakan Seminar Nasional dan Student Conference ACPI (The 2nd Academic Conference an Psychological Issues). Seminar Nasional merupakan acara tahunan Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Pada tahun ini acara Seminar Nasional diselenggarakan bersama dengan Konferensi Nasional dan mengambil tema ”Peluang dan Tantangan Psikologi Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0”. Ini merupakan pertama kali Psikologi UNNES melakukan kegiatan dalam ajang konferensi dan publikasi ilmiah tingkat nasional. Seminar Nasional tahun ini mengundang dua pembicara Nasional yaitu Liftiah, S.Psi., M.Si. Psikolog yang merupakan salah satu dosen psikologi di Universitas Negeri Semarang dan Drs. Heru Wiryanto, M. Psi., Psy. D yang merupakan dosen Universitas Indonesia.

Untuk acara Student Conference diikuti dan juga Sebanyak 31 Abstrak dari berbagai jenjang perkuliahan dari berbagai universitas ternama di Indonesia terkumpul dan menghasilkan 14 full paper yang berhasil terseleksi. Sebagai kegiatan yang pertama kali dilakukan, diharapakan akan menjadi agenda tahunan di kemudian hari.  Keikutsertaan peserta dalam ajang ini merupakan suatu keuntungan yaitu adanya paper terbaik yang akan dipublikasikan dalam Jurnal INTUISI, paper yang dikirim akan masuk dalam prosiding ber- ISBN, sertifikat best paper serta adanya uang pembinaan yang diberikan kepada peserta, serta adanya best presentation yang dipilih di hari pelaksanaan presentasi dari seluruh peserta yang telah terpilih dari 14 paper yang terkumpul tersebut.

Kegiatan Student Conference ini dibagi menjadi dua ruangan yang diadakan di ruangan 302 serta 303 dengan masing-masing moderator selaku yang memimpin jalannya acara. Setiap peserta diberi waktu sebanyak 15 menit dengan sesi  tanya jawab  dan peserta lain boleh memberikan saran maupun masukan dalam proses presentasi tersebut. Pada sesi tanya jawab, para peserta secara aktif memberikan saran serta masukan dari masing-masing hasil penelitian dari peserta.

Selanjutnya adalah pengumuman yang dilaksanakan dalam satu ruangan. Ada satu yang menarik dalam kegiatan ACPI (The 2nd Academic Conference an Psychological Issues) kali ini, best paper diraih oleh Laeli Agustia, Fitriana Grace Virginia Tongo, Halfa Fulki Al Ayati dan Siti Dzakiyyatun Nur Khasanah dari  Universtitas Negeri Semarang, jurusan Psikologi Unnes dengan paper yang berjudul “Pelatihan Perencanaan Karier untuk Meningkatkan Efikasi Diri dalam Pengampilan Keputusan Karier pada Siswa SMP Kesatrian” hal ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan bagi jurusan Psikologi Unnes dengan mengalahkan 13 paper lainnya yang terseleksi. Kategori Best Presentation sendiri diberikan kepada Aufa Miladya Izzzah dan Zalfa Luqqyana Nabilah dari Universitas Indonesia. Kegiatan ini diakhiri dengan foto bersama dari masing-masing peserta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *