Deteksi Dini Depresi dan Melatih Kreativitas Anak dalam EMPATI

Empati adalah salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Psikologi Universitas Syiah Kuala dalam rangka memenuhi salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Ada dua program yang ada dalam kegiatan ini, yaitu screening DASS dan lomba mewarnai. Kegiatan diadakan pada hari Sabtu dan Minggu, 12 dan 13 Oktober 2019.

Kegiatan pertama adalah Screening DASS. Pada kegiatan ini Masyarakat akan difasilitasi untuk melakukan tes DASS (Depression, Anxiety and Stress Scale) dan konsultasi hasil Tes DASS ini langsung dengan Konselor. Konselor akan memberi rincian dan menilai tingkat keparahan dari gejala depresi, kecemasan dan stres Skala pengukuran yang digunakan adalah skala DASS 21. Peserta yang ingin ikut tes dapat mendaftarkan diri mereka melalui link formulir online ataupun mendaftar secara on the spot pada hari H.

Acara dimulai pukul 09.30 pagi di halaman Blang Padang dengan menggunakan lesehan (tikar). Diawali dengan registrasi/pendaftaran peserta yang dipandu oleh panitia di meja registrasi, selanjutnya peserta diarahkan ke pos satu untuk mengsisi skala DASS yang dipandu oleh 2 orang Tester. Setelah mengisi skala DASS pada pos 1, peserta akan diarahkan oleh tester menuju pos 2 dan peserta akan diminta untuk menunggu hasil skor DASS yang di scoring oleh scorer di pos ini. Kemudian setelah scorer selesai melakukan scoring, peserta di pos 2 akan dipanggil oleh panitia dan diarahkan ke pos terakhir (pos 3) yaitu pos konseling dimana konselor akan menginterpretasikan hasil skala DASS peserta (perindividu / perpeserta). Acara dilakukan selama kurang lebih 180 menit dan berakhir pada pukul 12.30 WIB.

Selanjutnya adalah Lomba Mewarnai. Tujuan program ini adalah melatih keterampilan motorik pada anak, serta melatih kreativitas anak. Kegiatan dilakukan di Blang Padang pada Hari sabtu 12 Oktober 2019, dengan jumlah peserta 32 orang anak. Adapun kriteria penilaian adalah harmoni 30%, motorik 40%, dan finishing 30%. Hasil pewarnaan akan dinilai langsung oleh juri yaitu Syifa Nabila dan Mhd. Fikri Ramadhan. Pemenang diberikan hadiah berupa piala dan sertifikat juara. Pada akhir acara diumumkan para pemenang yaitu juara satu Shezia Maritza, diikuti oleh juara dua Didanish Alfasya, dan juara tiga Moza Aishabiyan Maulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *