World Mental Health Day Wilayah I Sumatera

Berita Acara WMHD ILMPI Wilayah I

Peringatan Hari Kesehatan Mental Dunia yang jatuh pada tanggal 10 Oktober 2015 di wilayah 1 dilaksanakan di empat kota yakni Pekanbaru, Pariaman, Palembang, Jambi. Secara keseluruhan, tujuan peringatan Hari Kesehatan Mental Dunia kali ini adalah mensosialisasikan mengenai pentingnya kesehatan mental kepada masyarakat, serta untuk mengubah stigma masyarakat terhadap orang-orang dengan masalah kejiwaan yang selama ini mendapatkan diskriminasi.

Kronologis Aksi #WMHDILMPI Palembang, 10 oktober 2015.

Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia (ILMPI) Wilayah 1, melakukan aksi teatrikal dan freeze mob dalam rangka memperingati hari kesehatan mental dunia.

Aksi dilakukan di Kambang Iwak Palembang, pada pukul 15.30 WIB. Massa aksi berasal dari Unsri, Bidar, dan UIN Rafa. Sebelum aksi dimulai, kami meminta izin ke polsek setempat. Aksi diawali dengan briefing dan doa terlebih dahulu.

Selepas itu, massa aksi berjalan mengitari taman Kambang Iwak sambil melakukan freeze mob, meminta tanda tangan dukungan, dan membagikan flyer. Perwakilan dari masing2 universitas lalu melakukan orasi terkait hari kesehatan mental dunia. Dari orasi yang disampaikan, kami menuntut agar orang dengan gangguan jiwa perlu diperlakukan secara manusiawi.

Kami mengecam tindakan pemasungan terhadap orang dengan gangguan jiwa. Di Sumsel sendiri, terdapat 97 kasus pemasungan, dan jumlah itu masih akan terus bertamabah karena belum semua kabupaten/kota terdata sepenuhnya. Kami menghimbau agar masyarakat yang mengetahui tindakan pemasungan agar segera melapor kepada pihak yang berwajib. Selanjutnya massa aksi kembali bergerak menuju titik akhir.

Aksi diakhiri dengan teater singkat tentang seorang anak dengan gangguan jiwa yang didiskriminasi oleh teman2 dan keluarganya. Aksi selesai pada pukul 17.30 WIB dan ditutup dengan doa.
Seusai aksi, kami menyampaikan pandangan kami tentang peringatan hari kesehatan mental dunia kepada wartawan yang hadir meliput.

Kronologis Aksi #WMHDILMPI Jambi, 10 oktober 2015.
Sabtu, 10 oktober lalu pukul 09.00 ilmpi prov Jambi membagikan flayer WMHD dan masker di SD, SMP, dan SMA di Kota Jambi, sore harinya teman2 ilmpi prov jambi bersama ima psikologi unja, himpsi dan beberapa komunitas di kota jambi melakukan deklarasi WMHD di Kampung Flores, Jambi. Deklarasi tsb berisi upaya untuk menekan dan menghilang kan perilaku beresiko di kampung flores.

Selain itu, Senin, 12 Oktober kami bersama HIMPSI  dan 150 mahasiswa psikologi unja kembali  membagikan 3000 flyer serta melakukan aksi pengumpulan tanda tangan masyarakat jambi yg mendukung WMHD. Acara tersebut pun disiarkan melalui radio RRI. Perwakilan ILMPI & HIMPSI memberikan penjelasan dan harapan mengenai hari kesehatan mental dunia.

Alhamdulillah Masyarakat jambi sangat antusias sekali dengan acara WMHD. Kami mengharapkan acara ini bukan sekedar untuk unjuk aksi saja, tetapi juga memberikan kontribusi nyata untuk masyarakat jambi.

 

 

Kronologis Aksi #WMHDILMPI Pariaman, 10 oktober 2015.

Perayaan hari kesehatan mental dunia di Sumatera Barat dipusatkan di Kabupaten Padang Pariman, tepatnya di Kecamatan Sungai Limau dengan mengadakan psikoedukasi kepada keluarga ODGJ yang berdomisili di kecamatan tersebut. Dalam pelaksanaannya, kami bekerja sama dengan Komunitas Peduli Skinzofrenia Indonesia (KPSI) Simpul Padang, RSJ HB Saanin Padang, serta Puskesmas Sungai Limau. Psikoedukasi tersebut diberikan oleh Rika Novita, M. Psi., Psikolog dan dr. Wiwi Marmar. Selain itu, salah seorang ODS (Orang dengan Skinzofrenia) yang merupakan salah satu anggota KPSI juga membagikan pengalamannya kepada peserta yang hadir.

Selain melakukan psikoedukasi, kami juga mengadakan kampanye kesehatan mental di Pantai Gandoriah, Pariaman dengan membagikan flyer serta masker gratis kepada pengunjung pantai. Pada kesempatan tersebut kami juga mengumpulkan tanda tangan pengunjung sebagai bentuk dukungan dan kesadaran terhadap kesehatan mental.

Kronologis Aksi #WMHDILMPI Pekanbaru, 10 oktober 2015.

Perayaan Hari Kesehatan Mental Dunia di provinsi Riau dilaksanakan di UIN Sultan Syarif Kasim Riau pada 10 Oktober 2015. Pada kesempatan tersebut, kami mengadakan kampanye dan membagikan brosur mengenai kesehatan mental kepada mahasiswa UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Selain itu, kamii juga mengumpulkan tanda tangan sebagai bentuk kesadaran dan dukungan terhadap kesehatan mental.

WMHD Wilayah 1WMHD Wilayah 1pariaman2 pekanbaru1 pariaman5

Post Author: ILMPI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *