KUNJUNGAN ORGANISASI ke ISMKI

Kunjungan Organisasi (Part 1) ke Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia. 4 Juni 2017

Minggu, 4 juni 2017 pukul 21:00 WITA di warkop 27 jalan sultan alauddin Makassar, kunjungan organisasi yang telah direncanakan oleh badan pengembangan organisasi nasional Ikatan Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia (ILMPI) ke salah satu IOMS yang ada di Indonesia yaitu Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI), berlangsung. Membalas surat yang ILMPI kirim ke Sekretaris jenderal ISMKI, Sekjend ISMKI mengarahkan pertemuan di provinsi Sulawesi selatan kota Makassar. Pihak ISMKI di wakili oleh Sekwil 4 ISMKI beserta pengurus ISMKI lainnya sebanyak 4 orang. Sedangkan pihak ILMPI di wakili langsung oleh Koordinator Badan Pengembangan Organisasi Nasional beserta koordinator wilayah 6 ILMPI, dan staff BPO Wilayah 6.

Di awal pertemuan, pihak ISMKI dan ILMPI berkenalan terlebih dahulu sekaligus menjelaskan maksud dari pertemuan ini. Pihak ILMPI mengatakan bahwa maksud dari pertemuan ini adalah ILMPI datang belajar dan ingin mengetahui bagaimana pola kaderisasi yang ada di ISMKI sekaligus melihat bagaimana hasil dari kaderisasi mereka itu. pihak ISMKI menjelaskan bahwa kaderisasi di ISMKI ada tiga tahap yaitu LKMM institusi, LKMM wilayah dan magang, lalu tahap ketiga adalah LKMM Nasional..

1497089167723

Tahap pertama yaitu LKMM institusi dilakukan di masing-masing institusinya. Untuk menyamaratakan kompetensi seperti yang diharapkan ISMKI, mereka membuat semacam uji materi dari LKMM institusi tersebut. LKMM institusi ini wajib dilewati sebelum lanjut ke LKMM wilayah.

lanjut ke LKMM Wilayah, untuk LKMM Wilayah ini seperti muswil juga. Pengambilan tender pelaksanaannya dilakukan di muswil. Tahap kedua ini juga terdapat magang yaitu dimana mahasiswa yang bukan pengurus (tentunya melewati LKMM Institusi) diikutkan selama beberapa bulan di ISMKI untuk menjalankan beberapa dan menjadi panitia kegiatan ISMKI. Setelah masa magang berakhir maka peserta magang itu akan diberikan raport penilaian. Raport penilaian itu akan dijadikan bahan pertimbangan agar mereka bisa masuk menjadi pengurus wilayah. Lalu ada LKMM Wilayah. LKMM Wilayah dilaksanakan di kampus yang memenangkan tender. Peserta LKMM wilayah ini terbatas, tiap institusi mendapatkan 3 kursi dan jika kursi tersebut tidak terisi maka akan diisi oleh kampus lain. Sama seperti magang, peserta LKMM ini telah mendapat rekomendasi dari Institusinya masing masing dan akan mendapatkan raport penilaian juga sebagai pertimbangan juga nanti ketika mereka ingin mendaftar menjadi pengurus wilayah. Tahap ketiga yaitu LKMM nasional. LKMM nasional sama seperti LKMM Wilayah yang ditenderkan. Peserta LKMM Nasional ada peserta yang telah melewati LKMM Wilayah. Lulusan LKMM Nasional diproyeksikan sebagai calon-calon pengisi kursi pengurus nasional kedepannya. Pihak ISMKI Menambahkan bahwa untuk LKMM Institusi akan di fokuskan pada hal-hal dasar dalam berorganisasi, lalu LKMM wilayah fokusnya adalah kajian issue, lalu dinasional sudah fokusnya adalah action dan pemikiran solusi dari issue yang disebar. Selain itu setiap selesai menjalankan LKMM wilayah maupun pusat akan ada yang namanya plan and action yaitu tindak nyata dari hasil LKMM itu. sebelum melaksanakan itu peserta LKMM belum bisa menerima sertifikat maupun raportnya. Setelah mendapat penjelasan di atas mengenai kaderisasi di ISMKI. Pihak ILMPI selanjutnya menanyakan tentang isi materi di dalam LKMM itu dan juga waktu-waktu pelaksanaannya. Pihak ISMKI memberikan gambarannya bahawa isi materinya itu beragam dan sesuai kebutuhan yang ada. Misalnya sekarang sudah ditambahkan materi nasionalisme dan juga manajemen aksi. Lalu untuk pelaksanaannya biasanya sudah dijadwalkan dibulan 10 atau 11.

Setelah pembahasan diatas selesai, obrolan berlangsung bebas dimana membahas masalahmasalah yang kerap dihadapi oleh organisasi masa kini yaitu kurangnya minat berorganisasi. Obrolan ini berlangsung hingga pukul 02:00 Wita tanggal 5 Juni 2017. Pertemuan ini diakhiri dengan sesi foto bersama.

1497089158856

Ayo Membuat Indonesia Tersenyum Bersama Psikologi

Post Author: ILMPI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *