Hari Kesehatan Mental Sedunia

Hari Kesehatan Mental Sedunia dimulai pada tahun 1992, bertujuan untuk mempromosikan advokasi kesehatan mental sekaligus memberikan edukasi pada masyarakat mengenai kesehatan mental dan isu terkait dengan hal tersebut. Pada tahun 2019, hari kesehatan mental sedunia mengambil tema “Suicide Prevention”. Hal ini berkaitan dengan banyaknya kasus bunuh diri pada circa 2018 sampai 2019. Kasus ini bukan hanya berpengaruh pada orang-orang terdekat individu yang melakukannya. Publik juga sangat terpengaruh dengan kasus kasus yang bermunculan, apalagi jika menyangkut orang ternama.

Menyambut Hari Kesehatan Mental Sedunia (Harkesmen) 2019, ILMPI mengadakan rangkaian kegiatan yang sejalan dengan tujuan adanya perayaan hari tersebut. Beberapa rangkaian tersebut adalah kampanye twibbon, pemilihan duta kesehatan, dan kompetisi poster. Rangkaian kegiatan diangkat dengan konsep Togetherness, yang mengajak seluruh lapisan masyarakat khususnya mahasiswa psikologi untuk bersama-sama memberikan kesadaran dan pengetahuan mengenai kesehatan mental. Tema yang menjadi garis besar pergerakan pada tahun ini adalah “You’re never alone”, mengacu pada tema yang diangkat pada Harkesmen tahun 2019.

Kampanye Twibbon

Seperti yang dilaksanakan pada tahun sebelumnya, ILMPI mengadakan kampanye twibbon yang diikuti oleh banyak lapisan masyarakat di Indonesia. Kampanye ini menggunakan sistem postingan serentak mulai tanggal 9 Oktober 2019 sampai akhir bulan Oktober. Kampanye ini mengingatkan setiap orang yang melihat postingan kampanye twibbon bahwa ketika ada masalah, tidak apa-apa untuk bercerita karena kita tidak sendiri. Kampanye ini cukup mendapat perhatian dari banyaknya lapisan masyarakat yang mengepos menggunakan twibbon ini.

 

 

Pemilihan Duta Kesehatan Mental

Program berikut merupakan bagian dari kompetisi Togetherness, dimana beberapa mahasiswa mewakili kampus mereka mengutarakan pendapat dan pengetahuan mengenai kesehatan mental, dan dinilai. Pemilihan duta ini bertujuan untuk memilih perwakilan mahasiswa psikologi di kampus maupun kewilayahan ILMPI untuk mengedukasi dan menghidupkan konsep dan praktik kesehatan mental di lingkungan sehari-hari. Beberapa contoh isu diantaranya layanan kesehatan mental di kampus dan strategi coping stress untuk mahasiswa. Setelah beberapa seleksi, termasuk video yang dinilai dari isi dan like di Instagram @ilmpi, berikut para pemenang yang dapat dilihat dalam postingan berikut :

 

 

View this post on Instagram

 

[TOGETHERNESS COMPETITION] Jumat, 01 November 2019 ————————————— Selamat kepada para Duta Kesehatan Mental di Kampus terpilih! Wilayah I (Ridho Akbar HZ – Universitas Jambi) Wilayah II (Laras Kurniasari – Universitas Negeri Jakarta) Wilayah III (Nubdati Ikromah – UIN Walisongo) Wilayah IV (Miswan Alfarizi – Universitas Mercu Buana Yogyakarta) Wilayah V (Nahya Qisthi Buchari – Universitas Udayana) Wilayah VI (Andi Aisyah Alqumairah – Universitas Hasanuddin) Wilayah VII (Firman Firdaus Nuzula – Universitas Syiah Kuala) Ikatan Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia Periode 2019-2020 ————————————— #ILMPI #wujudkanindonesiatersenyumdenganpsikologi ————————————— Website : ilmpi.org Instagram : @ilmpi Youtube : ILMPI OA Line : @enn9063g Email : Nasional@ilmpi.org

A post shared by ILMPI Nasional (@ilmpi) on

 

Kompetisi Poster

Sebagai sarana edukasi kesehatan mental, diperlukan juga media yang kreatif, inovatif dan menarik agar informasi lebih diserap dengan baik. Kompetisi poster yang juga merupakan bagian dari kompetisi Togetherness melibatkan seluruh mahasiswa psikologi dari seluruh Indonesia. Melalui beberapa tahap kompetisi, maka pemenang dari lomba poster dan karyanya dapat dilihat pada postingan berikut :

 

 

Demikian rangkaian kegiatan Hari Kesehatan Mental Sedunia 2019! Sampai jumpa tahun depan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *