Diskusi Virtual ILMPI & HIMPSI terkait RUU Praktik Psikologi

Diskusi Virtual ILMPI & HIMPSI terkait RUU Praktik Psikologi

Pada hari Selasa, 23 Februari 2021 Pukul 14.00 WIB, Ikatan Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia (ILMPI) dan Himpunan Psikologi (HIMPSI) mengadakan pertemuan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting. Pihak ILMPI diwakili oleh 4 Pengurus Harian Nasional berserta 2 Pengurus Nasional dan pihak HIMPSI diwakili oleh Ketua HIMPSI Pusat (Prof. Dr. Seger Handoyo, Psikolog) berserta 2 jajarannya (Dr. Andik Matulessy, Psikolog dan Prof. Dr. Yusti Probowati, Psikolog).

Diawali dengan HIMPSI menjelaskan pengantar perjalanan atau proses RUU (Rancangan Undang-undang) Praktik Psikologi. Sejak 2015, HIMPSI sudah melakukan aksi untuk dapat disahkannya RUU Praktik Psikologi menjadi UU (Undang-undang) Praktik Psikologi. UU ini merupakan salah satu bentuk dari pengakuan bagi profesi-profesi psikologi. Meskipun dampak dari adanya UU ini tidak akan langsung dirasakan saat ini juga, namun nantinya akan berguna bagi kita beberapa tahun ke depan, sama halnya seperti UU yang lainnya. HIMPSI ingin berkolaborasi dengan ILMPI untuk mengetahui kasus-kasus malpraktik psikologi yang dialami oleh mahasiswa, sehingga dapat mendukung agar disegerakannya pengesahan RUU Praktik Psikologi ini.

RUU Praktik Psikologi ini mengalami proses yang cukup panjang dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun, saat ini Presiden sudah memberikan surat resmi kepada kementerian untuk dapat membahas RUU ini bersama dengan DPR. Maka dari itu, HIMPSI berharap kepada ILMPI agar dapat mengajak LEM (Lembaga Eksekutif Mahasiswa) anggota ILMPI untuk mendukung juga agar RUU Praktik Psikologi ini dapat segera disahkan.

Semoga diskusi ini dan hasilnya nanti bermanfaat untuk semua pihak. Karena segala akan lebih bermakna jika dilakukan bersama.

Wujudkan Indonesia tersenyum dengan Psikologi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *