Berlatih Menjadi Trainer Hebat bersama Training of Trainer Pekanbaru

Kawan Kelas Organizer merupakan salah satu organisasi berbasis di  Yogyakarta yang mengadakan berbagai pelatihan untuk mengasah skill individu. Salah satu program yang sedang berjalan adalah Training of Trainer, yang merupakan sebuah pelatihan untuk menghasilkan para trainer atau pelatih dengan skill yang mumpuni. Training of Trainer telah sampai di Pekanbaru pada bulan lalu. Menghadirkan Rion Nofrianda, S.Psi, yang berpengalaman dalam bidang personalia dan pelatihan di berbagai perusahaan, kegiatan ini fokus pada pembelajaran bagaimana menjadi trainer handal disertai dengan praktiknya.

Kegiatan dimulai dari pukul 9 pagi setelah peserta melakukan registrasi, dibuka oleh fasilitator yaitu Kak Jho, yang merupakan relawan Kampung Dongeng Pekanbaru. Beliau menyampaikan beberapa hal mengenai kegiatan yang akan dilakukan. Setelah itu, pemateri menyampaikan materi mengenai bagaimana menjadi trainer yang baik, diantaranya personal branding, public speaking, dan desain pelatihan. Materi dilakukan dengan berbagai metode, salah satunya dengan permainan dan simulasi. Peserta diajarkan untuk mengenal sesama peserta, bekerjasama dalam tim, dan mampu memberikan materi yang baik. Hal ini dapat meningkatkan skill peserta dalam melakukan pelatihan.

  

Materi dilanjutkan setelah makan siang, dengan penjelasan mengenai training need assesment (TNA) yang diperlukan sebelum melakukan pelatihan ke instansi terkait. Setelah itu, peserta melakukan praktik dengan membuat rancangan pelatihan sendiri. Peserta dibagi dalam kelompok, merancang pelatihan, lalu mempresentasikannya ke depan dan dibahas oleh pemateri.

Kegiatan berakhir pada pukul lima sore dengan pembagian souvenir dan foto bersama pemateri dan peserta. Kegiatan ini disponsori oleh Wardah Beauty Pekanbaru dan didukung oleh ILMPI, Warung Bonar, Bamboo, Gulang-Gulang Photo dan Video, Kampung Dongeng Pekanbaru, dan Tjokro Hotel Pekanbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *