Menutup Jarak Ideal Self dan Real Self di Seminar Self Acceptence & Self Esteem

Self esteem merupakan salah satu istilah yang berarti dalam konsep diri, yang berarti evaluasi subektif terhadap keberhargaan diri. Hal tersebut terkait dengan dua hal yang berkaitan dengan konsep diri, yaitu ideal self dan real self. Ideal self sering digambarkan dengan diri seperti apa yang individu inginkan, sementara real self adalah keadaan individu tersebut saat ini. Pasalnya, sering kali di masa dimana media sosial adalah hal yang sangat umum dimiliki oleh anak muda permasalahan konsep diri menjadi berarti. Apalagi dengan banyaknya konten di media sosial yang terlalu menonjolkan kemewahan atau kemiskinan, sehingga individu terlalu membandingkan ideal selfnya dengan apa yang dicapai maupun dikeluhkan orang lain.

Karena itulah, diperlukan usaha dimana seseorang menerima dirinya dan berusaha menjadi pribadi yang lebih baik sesuai dengan kemampuannya. Usaha tersebut disebut penerimaan diri atau self acceptance. Ada banyak cara untuk dapat menerima diri, salah satunya yaitu mengikuti forum forum yang membuat kita lebih termotivasi untuk menerima diri kita. Salah satunya adalah seminar yang diadakan oleh Universitas Tama Jagakarsa yang mengangkat tema “Bridge The Gap Between The Real Self and Ideal Self”. Seminar yang diadakan pada tanggal 27 April 2019 ini menghadirkan Apriliano Yudha, seorang content creator dan pengusaha; serta Hanrezi Dhania, M. Si. yang merupakan dosen Program Studi Psikologi Universitas Tama Jagakarsa.

                                 

Selain seminar, juga diadakan lomba video yang dikhususkan untuk peserta seminar ini. Video yang diperlombakan merupakan video berdurasi sampai 1 menit, yang diposting di Instagram. Pengumuman pemenang dari perlombaan sekaligus pemberian hadiah dilakukan pada akhir seminar ini.

 

“Accept yourself, and spend your life with others who recognize what a beauty you are.”

Scott Stabile

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *