Psychopostero 2019 : Kegiatan Tahunan dari BEM Fakultas Psikologi Universitas Esa Unggul

Psychopostero merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diadakan oleh BEM Fakultas Psikologi Universitas Esa Unggul. Rangkaian kegiatan tersebut meliputi pertandingan futsal, bazaar, dan seminar dengan berbagai macam tema setiap tahunnya. Pada tahun ini, Psychopostero mengangkat tema “Healthy Inside, Beauty Outside”, dengan lokasi di kampus Universitas Esa Unggul Jakarta. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 24-26 Juni 2019, dengan bazaar dan pertandingan futsal selama tiga hari dan seminar pada hari terakhir.

Pertandingan futsal yang selanjutnya disebut Psychopostero Cup menghadirkan berbagai tim futsal dari fakultas atau jurusan Psikologi yang berada di kawasan Jabodetabek. Pertandingan berlangsung dengan meriah, pemain bermain dengan sportif. Kegiatan berakhir pada tanggal 26 Juni 2019 dengan penyerahan piagam dan piala kepada para juara. Selanjutnya adalah bazaar, dimana terdapat berbagai produk yang diperdagangkan oleh berbagai kalangan. Bazaar ini berada di depan gedung Universitas Esa Unggul selama rangkaian kegiatan Psychopostero 2019.

Pada hari terakhir, 26 Juni 2019 berlangsunglah seminar yang mengangkat isu mengenai body shaming. Body shaming merupakan sebuah perilaku dimana seseorang mempermalukan sesama manusia atas bentuk tubuh yang dimilikinya. Efek yang ditimbulkan dari body shaming dapat mempengaruhi body image seseorang, menyebabkan depresi dan gangguan makan seperti anorexia dan bulimia. Seminar ini mengundang Tara de Thouars, BA, M.Psi, yang merupakan psikolog klinis dan Aris Rahmaydi, S. H., M. H. yang merupakan Advocate Posbakun PN Jakarta Barat dan Deputy of General Secretart LKBH UEU. Selain membahas body shaming secara psikologis baik pengaruhnya maupun cara menyikapinya dalam kehidupan sehari hari, seminar ini juga membahas body shaming dari segi hukum bersama pakarnya. Harapan dari seminar ini tentunya pesertanya lebih menyikapi body shaming dengan baik dan agar body shaming tidak lagi dilakukan oleh berbagai kalangan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *