Mengajarkan Perdamaian dalam Permainan di PeaceSantren

Peace Generation atau lebih dikenal dengan PeaceGen merupakan sebuah organisasi yang fokus menyebar nilai-nilai perdamaian melalui pendidikan kreatif, termasuk diantaranya media pembelajaran, aktifitas kampanye, dan konten edukasi perdamaian. Salah satu program yang pernah dilakukan oleh PeaceGen di beberapa kota di Indonesia yaitu Board Game for Peace, yang juga diadakan di Palembang. Pada bulan Ramadhan kemarin, PeaceGen Palembang kembali melakukan kegiatan mereka yaitu PeaceSantren, kegiatan keagamaan yang bertujuan untuk memperkenalkan 12 nilai perdamaian yang dikenalkan PeaceGen.

Dua belas nilai perdamaian yang diperkenalkan PeaceGen yaitu menerima diri sendiri, menghapus prasangka, keragaman etnik, perbedaan agama, perbedaan gender, perbedaan status sosial, perbedaan kelompok, merayakan keberagaman, memahami konflik, menolak kekerasan, mengakui kesalahan, dan memaafkan.

Kegiatan kali ini berkolaborasi dengan ILMPI sebagai media partner, narasumber, serta ikut meramaikan kegiatan permainan yang dilakukan di PeaceSantren. PeaceSantren pertama ini sekaligus berbuka bersama tim PeaceGen Palembang, ILMPI, dan peserta yang berjumlah 40 orang terdiri dari siswa dan mahasiswa. Pada tanggal 12 Mei 2019 jam 8 pagi, di aula gedung KNPI Provinsi Sumatra Selatan, kegiatan siap untuk dimulai. Peserta yang sudah registrasi terlebih dahulu melakukan shalat Dhuha bersama sebelum pembukaan acara. Setelah itu, acara pun dibuka dan dimulai dari pengenalan nilai pertama yaitu menerima diri sendiri. Untuk menerima diri, kita tentu harus mengenali diri terlebih dahulu. Peserta pun diminta menuliskan ciri-ciri diri mereka, lalu ada permainan dimana peserta harus menebak peserta mana yang memiliki ciri-ciri yang ditampilkan.

Setelah itu, nilai-nilai perdamaian lainnya diperkenalkan dengan berbagai jenis permainan, termasuk permainan papan yang diperkenalkan oleh PeaceGen. Peserta tampak antusias dalam mengikuti permainan yang dilakukan. Setiap selesai memperkenalkan nilai dan melakukan permainan, tim menunjukkan ayat Al-Qur’an yang cocok dengan setiap nilai perdamaian yang dibaca bersama-sama oleh peserta. Kegiatan dilakukan sampai selesai shalat Magrib. Setelah acara selesai, peserta beserta tim PeaceGen dan ILMPI berfoto bersama untuk mengabadikan momen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *