Bukberbagi Kasih : Mensejahterakan Psikis Lansia di Bulan Ramadhan

Komunitas Jalan Pelan, yang merupakan kepanjangan Jaga Lansia Peduli Lansia berasal dari keresahan beberapa mahasiswa Psikologi UNNES terhadap keadaan lansia di panti layanan sosial atau panti werdha. Komunitas ini berfokus pada upaya meningkatkan kesejahteraan pada lansia secara psikologis, mulai dari pendampingan, sampai kegiatan-kegiatan yang bermanfaat untuk menjaga kemampuan lansia dalam kehidupan. Komunitas Jalan Pelan juga menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk mewujudkan tujuan mereka. Salah satunya pada kegiatan Bukberbagi Kasih dimana Komunitas Jalan Pelan berkolaborasi dengan ILMPI dalam mengadakan acara hiburan dan berbagi cerita bersama lansia.

Pada tanggal 19 Mei 2019, pukul 16.20 WIB, para tim dan lansia berkumpul di Pelayanan Lansia Sosial Lanjut Usia Wening Wardoyo Unggaran. Kegiatan dimulai dengan pembukaan dari pembawa acara. Perwakilan dari tim kegiatan dan perwakilan dari pengurus panti layanan sosial memberikan sambutannya pada pembukaan kegiatan. Selesai dengan sambutan, kegiatan hiburan pun dimulai. Rekan-rekan dari Komunitas Jalan Pelan dan ILMPI bernyanyi bersama lansia. Beberapa lansia juga ikut menyumbangkan suaranya untuk bernyanyi, sementara yang lainnya berjoget bersama.

Setelah hiburan, kegiatan berbagi cerita bersama lansia dimulai. Ada beberapa lansia yang diajak ke depan untuk menceritakan pengalamannya di depan lansia lain. Ada juga lansia yang didekati tim secara pribadi untuk berbagi cerita secara personal. Kegiatan ini dilakukan hingga waktu berbuka puasa. Ketika azan magrib berkumandang, tim pun membagikan makanan kepada lansia. Kegiatan pun berakhir dengan berbuka bersama lansia, setelah sebelumnya tim melakukan berbagai kegiatan untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis lansia di panti layanan sosial tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *