Berita Acara Rakornas ILMPI 2015

BERITA ACARA
TEMU ILMIAH DAN RAPAT KOORDINASI NASIONAL
IKATAN LEMBAGA MAHASISWA PSIKOLOGI INDONESIA
UIN MALIK MAULANA IBRAHIM
17-20 SEPTEMBER 2015

MALANG
Lima bulan berlalu setelah perjumpaan kami terakhir dalam Musyawarah dan Rapat Kerja Nasional 2015. Kami kembali dipertemukan dalam kegiatan Temu Ilmiah Nasional dan Rapat Kerja Nasional 2015, di kota yang dikenal dengan buah apel nya. Kota Malang, kali ini menjadi saksi perjumpaan dan pelaksanaan kegiatan rakornas dan temilnas ILMPI tahun 2015.

Tidak seramai mukernas, namun acara ini tak kehilangan semarak nya. Kehangatan dan kekeluargaan sangat terasa saat dimulai nya kegiatan ini dengan malam Ramah Tamah. Setiap Koordinator wilayah memperkenalkan delegasi nya yang hadir, dan ada berbagai macam penampilan dari PHN, panitia dan peserta.

Setelah selesai malam ramah tamah, kami kemudian dipersilahkan beristirahat untuk mengikuti acara keesokan harinya.

Jumat, 18 September 2015
Para peserta sarapan pada pukul 06.30 WIB. Setelah selesai sarapan, kami berangkat menuju lokasi acara pada pukul 07.30 WIB dengan menggunakan bus. Lokasi acara pagi ini bertempat di Auditorium Gedung Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Agenda acara pagi ini adalah pembukaan secara resmi kegiatan Temu Ilmiah Nasional dan Rapat Koordinasi Nasional ILMPI 2015.

Acara pembukaan ini dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dan Mars ILMPI secara bersama. Kemudian Kata Sambutan dari Ketua DEMA Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim dan Sekretaris Jenderal ILMPI. Tak lupa, kata sambutan dari Dekan Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik
Ibrahim sekaligus membuka secara resmi acara Temilnas dan Rakornas ILMPI 2015 kali ini. (Kak bagian ini benerin kalo salah ya kak, olla sama estu telat dateng kan kak soalnya)

Selepas acara pembukaan, dilanjutkanlah dengan Stadium General tentang Psikologi Nusantara. Stadium General ini dipandu oleh seorang moderator serta narasumber Bapak Juneman Abraham dan Ibu Rin Dwi Agustina.
Berakhirnya stadium general sebagai penanda untuk istirahat sejenak sebelum acara inti Temu Ilmiah Nasional dimulai. Pada pukul 13.30 WIB, dimulailah temilnas dengan agenda pertama yaitu presentasi dari peserta call for paper. Setelah semua peserta lomba selesai presentasi, pukul 15.00 WIB seluruh peserta temilnas dan rakornas dipersilahkan untuk istirahat sholat. Setelah peserta beristirahat dan melaksanakan sholat ashar, para peserta temilnas kembali ke auditorium. Acara selanjutnya adalah menyaksikan final lomba debat dengan finalis dari Universitas Ahmad Dahlan dan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Topik yang diangkat adalah tentang RUU Keprofesian Psikologi.

Pukul 18.00 WIB berakhirlah rangkaian acara Temilnas 2015 ini dengan disebutkannya para pemenang lomba. Lomba call for paper dimenangkan oleh tim dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sebagai juara I dengan judul paper “Filosofi Nerimo Ing Pandum pada Lansia”, diikuti kemudian Juara II dari tim Universitas Udayana Bali dengan judul “Penerimaan Sosial Masyarakat Desa terhadap Keberadaan Pendatang di Desa Baturiti, Tabanan, Bali”, dan juara III dari tim Universitas Ahmad Dahlan dengan judul “Gemilang (Gerakan Mahasiswa Peduli Anak Cemerlang) sebagai Intervensi untuk Anak Korban Kekerasan dalam Rumah Tangga”. Lomba debat dimenangkan oleh tim dari Universitas Ahmad Dahlan sebagai juara I, diikuti juara II dan juara III dari UIN Maulana Malik Ibrahim dengan tim yang berbeda. Lomba lainnya, yaitu lomba photo contest dimenangkan oleh Universitas Mercu Buana sebagai Juara I, UIN Maulana Malik Ibrahim sebagai juara II, dan Universitas Muhammadiyah Surakarta sebagai juara III. Setelah acara temilnas ditutup, peserta kembali menuju penginapan dengan menggunakan bus yang telah disediakan panitia. Sesampainya di penginapan, peserta diberi waktu untuk istirahat dan makan sebelum agenda Rakornas dimulai.

Pukul 21.20 WIB barulah dimulai rakornas dengan membahas draft manual acara dan draft tata tertib rapat. Pembahasan ini dipimpin oleh presidium sidang dari pihak panitia. Pembahasan draft manual acara berlangsung cepat, ditandai dengan disahkannya konsideran draft manual acara pada pukul 21.45 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan pembahasan draft tata tertib yang menuai beberapa opsi perubahan. Akhirnya pada pukul 22.53 WIB disahkan konsideran draft tata tertib rapat.

Rapat selanjutnya dipimpin oleh Sekretaris Jenderal, Rendi Septiyanto yang didampingi oleh Koordinator Badan Kesekretariatan Nasional, Hanna Septiana dan Koordinator Badan Informasi dan Komunikasi Nasional, Nadia Rosliani. Setelah rapat dibuka sekjend, forum meminta pending untuk mengumpulkan data absensi tiap peserta. Hal ini sesuai dengan kesepakatan forum dalam pembahasan draft tata tertib sebelumnya, yaitu absensi berlaku per peserta bukan per universitas. Maka dari itu disepakatilah pending selama 2×10 menit.

Setelah pending berakhir, sekjend sebagai pimpinan sidang kemudian kembali mengabsen setiap peserta. Forum dinyatakan quorum, rapat kemudian dilanjutkan. Rapat kali ini masuk pada musyawarah I yaitu penyampaian progress report. Penyampaian progress report dimulai dari progress report wilayah. Sesuai dengan kesepakatan forum, setiap wilayah diberikan waktu 30 menit untuk menyampaikan progress report nya sekaligus menjawab pertanyaan dari forum. Dimulailah penyampaian progress report dari wilayah I sampai dengan wilayah V. Hal-hal yang disampaikan berupa program kerja apa yang telah terlaksana selama kepengurusan periode ini berjalan, program kerja dalam pelaksanaan dan rencana teknis untuk pengerjaan program kerja yang belum terlaksana di wilayah masing-masing. Sebelum penyampaian progress report dari wilayah V sempat dibacakan terlebih dahulu SK keanggotaan Universitas 17 Agustus yang baru saja bergabung dengan ILMPI. Setelah itu barulah dilanjutkan dengan penyampaian progress report wilayah V. Progress report dari wilayah VI kemudian disampaikan oleh sekretaris jenderal dikarenakan koordinator wilayah VI berhalangan hadir dalam rakornas kali ini. Setelah penyampaian progress report seluruh wilayah selesai, forum mengajukan opsi pending rapat. Akhirnya pada pukul 02.11 WIB disepakatilah pending sampai jam 08.00 WIB. Sabtu, 19 September 2015 08.55 WIB sekjend selaku pimpinan sidang kembali mengabsen peserta yang hadir. Setelah memenuhi quorum, dicabutlah pending pada pukul 09.09 WIB. Agenda rapat dilanjutkan dengan penyampaian progress report nasional. Penyampaian progress report nasional termasuk sesi tanya jawab ini diberi waktu 30 menit per badan kelengkapan, sesuai yang telah disepakati forum. Sebagai pembuka, Hanna Septiana selaku koordinator untuk menyampaikan

Laporan Perkembangan (Progress Report) dari Badan Kesektariatan Nasional (Banseknas). Dilanjutkan oleh Fakhrunnisak dari Badan Keuangan Nasional (Bankeunas), Nadia Rosliani dari Badan Informasi dan Komunikasi Nasional (Baninfokomnas), Hermawan dari Badan pengembangan Organisasi Nasional (BPONas), Moh. Modrik AM dari Badan Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat Nasional (BPPMNas) dan M. Djindan dari Badan Pengembangan dan Pengkajian Keilmuan Nasional (BPPKNas). Musyawarah II belum selesai, masih ada agenda ketiga yaitu penyampaian progress report tuan rumah Musyawarah dan Rapat Kerja Nasional 2016, dimana sebelumnya telah disepakati pada Mukernas 2015 bahwa tuan rumah adalah Universitas Negeri Padang selaku pemenang tender. Peserta dari Universitas Negeri Padang kemudian menyampaikan kepada forum tentang konsep dan teknis acara yang telah dipersiapkan sampai sejauh ini. Tidak banyak tanggapan dari forum disebabkan konsep dan teknis acara yang sudah disampaikan secara detail oleh perwakilan dari tuan rumah.
Pukul 12.00 WIB rapat dipending untuk istirahat, sholat dan makan. Setelah selesai makan siang, pending rapat kemudian dicabut pada pukul 13.30 WIB. Pembahasan dilanjutkan ke musyawarah II yaitu pembahasan isu nasional. Setelah mengajukan beberapa opsi, akhirnya disepakati oleh forum, isu yang akan dibahas ada dua 1) tentang RUU Keprofesian Psikologi dan 2) tentang anak. Forum kemudian dibagi menjadi dua kelompok FGD sesuai dengan minat masing-masing untuk membahas isu pertama atau isu kedua.

Kelompok FGD pertama dipimpin oleh koordinator Badan Pengembangan dan Pengkajian Keilmuan, M. Djindan. Sedangkan kelompok FGD kedua dipimpin oleh koordinator Badan Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat, Moh. Modrik AM. Hasil FGD kemudian di presentasikan didepan forum rapat koordinasi nasional.

Pukul 15.00 WIB rapat dilanjutkan dengan musyawarah III, yaitu rapat komisi masing-masing badan kelengkapan. Masing-masing badan kelengkapan kemudian membentuk kelompok yang dipimpin oleh koordinator badan kelengkapan nasional nya. Rapat komisi ini berjalan cukup lama. Akhirnya sekitar pukul 17.30 WIB selesai lah musyawarah III ini. Masuk pada musyawarah IV, agenda terakhir dari rakornas. Pada rakornas tahun ini menghasilkan beberapa keputusan tambahan antara lain adalah 1) Diberikannya waktu tambahan untuk Universitas Borobudur, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia dan Universitas AKBP Nomensen Medan mengenai SP 2 selambat-lambatnya sampai dengan Munas V. 2) Apabila poin 1 tidak diindahkan maka universitas tersebut akan dicabut status keanggotaannya ketika Munas VI. Dengan diketuknya palu mengesahkan keputusan tambahan, maka berakhirlah rapat koordinasi nasional 2015 kali ini. Seluruh peserta bertepuk tangan dan tampak lega karena telah menyelesaikan satu lagi rapat koordinasi nasional. Sebelum beristirahat dan bersiap untuk agenda selanjutnya, seluruh peserta mengabadikan momen dengan berfoto bersama. Tibalah malam yang ditunggu oleh seluruh peserta, yaitu Malam Gala Dinner. Pada acara ini, setiap peserta memakai dresscode pakaian khas daerah nya masing-masing. Sungguh memperlihatkan warna-warni Indonesia. Selain itu, dalam acara malam ini, setiap wilayah menampilkan sebuah persembahan dari wilayahnya. Acara dimulai dengan penampilan tarian dari panitia yang sungguh memukau, kemudian penampilan dari dinsos yaitu group band yang diberi nama evolusi, kemudian penampilan dari tiap wilayah. Malam ini begitu meriah sekaligus sendu, karena kami tahu bahwa malam ini adalah malam terakhir kami tertawa, berbagi cerita dan menghabiskan waktu bersama sebelum. Akan ada jarak yang jauh antara kami setelah malam ini, sebelum kami dipertemukan kembali di agenda nasional berikutnya.

Minggu, 20 September 2015
Pagi ini para peserta sibuk untuk membereskan barang bawaan masing-masing karena hari ini merupakan hari terakhir dari agenda temilnas dan rakornas. Setelahnya, para peserta kemudian sarapan dan bersiap untuk mengikuti field trip.

Perjalanan field trip hari ini dimulai dari UPT PSPA Bima Sakti Batu Malang, sebuah panti sosial yang bertugas melaksanakan pelayanan sosial bagi anak usia sd bermasalah. Dan memiliki fungsi sebagai pusat pelayanan kesejahteraan sosial, pusat informasi dan konsultasi, pusat bimbingan fisik, mental, social dan ketrampilan, pusat kerjasama pengembangan intra dan intersektoral dalam hal penanganan anak usia sd bermasalah Kami diberi penjelasan oleh Bapak Kepala UPT PSPA ini. Setelah banyak bertanya dengan Bapak ini, kami pun diajak mengelilingi tempat ini oleh panitia. Sayangnya, kami tidak bisa untuk bertemu anak-anak di sini secara langsung dikarenakan kami datang di saat jam makan dan tidur siang untuk mereka.
Kami kemudian melanjutkan perjalanan menuju salah satu pusat penjualan oleh-oleh kota Malang. Masing-masing kami mulai memisahkan diri untuk berburu oleh-oleh.

Pukul 14.15 WIB kami berangkat kembali menuju Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim untuk bersiap-siap pulang. Mulailah suasana sedih meliputi kami semua. Semua saling bersalaman atau berpelukan melepas setiap peserta yang akan kembali ke daerah asalnya. Sampai jumpa kembali teman-teman, sampai rindu kita akan terbayarkan. Sampai jumpa di Musyawarah dan Rapat Kerja Nasional 2016 di kota Bukittinggi, Sumatera Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *