Berita Acara Rakerwil ILMPI Wilayah IV

1464997789655

 

22 April 2016

Setelah seleksi dan pemilihan pengurus ILMPI wilayah IV (D.I.Yogyakarta) periode 2016-2017 bulan februari, pengurus beserta delegasi anggota ILMPI wilayah IV (D.I.Yogyakarta) dipertemukan di acara Upgrading I dan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil). Universitas Islam Indonesia (UII) menjadi tuan rumah dari Rapat Kerja Wilayah tahun 2016 ini.

Sore itu, satu per satu pengurus dan delegasi anggota ILMPI Wilayah IV mulai berdatangan menuju lokasi Upgrading dan Rakerwil yang bertempat di Student Convention Center (SCC) UII, Kaliurang, Sleman. Disana kita disambut oleh panitia dari UII dan kami pun ditunjukkan ruang tidur yang kami tempati selama 2 hari kedepan.

Sebelum acara pembukaan Upgrading I dan Rakerwil dimulai terlebih dahulu kami makan malam di ruang yang telah disediakan bersama-sama. Pukul 20.00 WIB, dimulailah acara pembukaan Upgrading I dan Rakerwil, seluruh peserta yang terdiri dari pengurus dan delegasi anggota ILMPI wilayah IV (D.I.Yogyakarta) berkumpul di aula SCC UII. Terdapat 3 sambutan di acara ini, yaitu yang pertama disambut oleh Retno Nur Susilowati selaku Ketua Pannitia Upgrading I dan Rakerwil ILMPI Wilayah IV, kemudian sambutan yang kedua yaitu Bambang Indrawan selaku Koordinator Wilayah ILMPI Wilayah IV, dan yang terakhir yaitu Rahmat Mulya selaku yang mewakili Ketua Lembaga Eksekutif Mahasiswa Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya UII sekaligus membuka acara Upgrading Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) ILMPI Wilayah IV (D.I.Yogyakarta).

Setelah acara sambutan dan pembukaan selesai, acara yang pertama adalah Upgrading dengan pembahasan pertama yaitu Sejarah ILMPI oleh Moh. Modrik AM dan Manajemen Organisasi oleh Rendi Septiyanto. Pembahasan Sejarah ILMPI dan Manajemen Organisasi berakhir pada pukul 00.00 WIB. Selanjutnya, seluruh peserta dipersilahkan untuk kembali ke kamar masing-masing untuk tidur karena esok kegiatan telah menanti.

23 April 2016

Pukul 05.00 WIB terdengar suara panitia membangunkan para peserta untuk sholat subuh yang dilanjutkan dengan persiapan jalan pagi. Pukul 06.00 WIB, semua peserta telah berkumpul di halaman SCC UII. Setelah itu, kami dibagi menjadi 4 kelompok yang beranggotakan 7-8 orang. Setiap kelompok memilih ketuanya. Kami diminta untuk berjalan sesuai dengan petunjuk panitia. Disana terdapat 2 pos. Di setiap pos, kami bermain 1 permainan. Pada pos pertama, kami bermain permainan benang kusut dan pos kedua, bermain menyampaikan pesan melalui gambar.

Setelah semua kelompok kembali ke halaman SCC UII, kita kembali bermain permainan yang tidak kalah serunya dengan permainan yang sebelumnya. Permainan-permainan itu mengundang tawa dan menambah keakraban di antara peserta. Di antara semua permainan, yang paling seru adalah permainan transfer water, canda dan tawa menambah keseruan permainan ini, banyak peserta yang basah karena terlalu asik bermain dan bercanda.

Permainan pun berakhir, peserta diminta untuk membersihkan dan mempersiapkan diri untuk kegiatan selanjutnya. Kegiatan selanjutnya adalah upgrading dengan pembahasan yaitu Analisis Sosial oleh Fiqah Soraya Alhaddar selaku Koordinator BPPMNAS. Sebelum kegiatan dimulai, peserta terlebih dahulu sarapan di ruangan yag telah disediakan. Pembahasan Analisis Sosial dimulai pukul 10.00 WIB dan selesai pada pukul 12.00 WIB. Selanjutnya, peserta dipersilahkan untuk istirahat, makan siang, dan juga sholat dzuhur sampai pukul 13.00 WIB.

Pukul 13.00 WIB, semua peserta telah berkumpul di aula SCC UII. Kegiatan upgrading pun dilanjutkan. Pembahasan selanjutnya yaitu Pelatihan Administrasi yang dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama adalah Pelatihan Administrasi Kesekretariatan oleh Aviola Nathasya Benni selaku Koordinator BANSEKNAS dan Sosialisasi Administrasi Keuangan oleh Yulia Rahmiyati selaku Koordinator BANKEU Wilayah IV. Pelatihan administrasi pun selesai, jam menunjukkan pukul 15.00 WIB. Peserta diberikan waktu 30 menit untuk istirahat dan Sholat Ashar.

Pukul 15.30 WIB, peserta kembali berkumpul di aula SCC UII untuk melanjutkan kegiatan upgrading. Pembahasannya selanjutnya yang merupakan pembahasan terakhir yaitu Teknik dan Etika Sidang oleh M. Djindan selaku DPO Nasional. Pembahasan ini selesai pada pukul 17.30 WIB. Dengan berakhirnya pembahasan Teknik dan Etika Sidang, maka berakhir pula rangkaian acara upgrading. Karena waktu menunjukkan pukul 17.30 WIB maka peserta dipersilahkan untuk istirahat dan makan.

Acara selanjutnya adalah Rapat Kerja Wilayah ILMPI Wilayah IV (D.I.Yogyakarta). Dalam Rakerwil ini terdapat 5 musyawarah, yaitu :

  • Musyawarah Pendahuluan, Pembahasan Manual Acara dan Tata Tertib.
  • Musyawarah I, Pembahasan Program Kerja Wilayah (Rapat Komisi).
  • Musyawarah II, Penyampaian dan Pembahasan Program Kerja Wilayah (Rapat Pleno).
  • Musyawarah III, Pengesahan Program Kerja Wilayah (Rapat Paripurna).
  • Musyawarah IV, Keputusan Tambahan.

Rapat Kerja Wilayah dimulai pada Pukul 18.30 WIB. Rapat ini diawali dengan Musyawarah Pendahuluan yang membahas manual acara dan tata tertib musyawarah. Musyawarah dipimpin oleh presidium sidang sementara yang sebelumnya sudah ditunjuk oleh panitia pengarah. Pengesahan sidang disahkan oleh presidium sidang sementara pada pukul 19.20 WIB. Selanjutnya presidium sidang sementara menyerahkan presidium sidang kepada Bambang Indrawan selaku Koordinator Wilayah IV. Setelah itu, musyawarah ditunda sampai besok pukul 08.00 WIB.

Acara selanjutnya adalah malam kekeluargaan dan pembakaran api unggun. Pada malam kekeluargaan ini, setiap badan harus menampilkan sebuah drama dari cerita rakyat. Adapun judul cerita rakyat diundi oleh panitia. Setelah musyawarah dipending, setiap badan mempersiapkan dramanya. Pukul 22.30 WIB api unggun pun dinyalakan. Semua peserta berkumpul mengelilingi api unggun.  Malam yang dingin pun berubah menjadi hangat.

Tiba saatnya setiap badan menampilkan drama yang telah disiapkan. Dimulai dari Badan Keuangan yang menampilkan drama Timun Mas, Badan Informasi dan Komunikasi menampilkan drama Keong Mas, Badan Pengembangan dan Penelitian Keilmuan menampilkan drama Sangkuriang, Badan Pengembangan Organisasi menampilkan drama Malin Kundang, Badan Kesekretariatan menampilkan drama Bawang Merah dan Bawang Putih, sampai akhirnya Badan Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat yang menampilkan drama Roro Jonggrang. Pada malam kekeluargaan ini juga kami sangat terhibur atas kedatangan dan penampilan Pengurus Nasional yang menyanyikan lagu Darah Juang. Malam kekeluargaan ini ditutup dengan penampilan demisioner pengurus ILMPI yang menyanyikan lagu kemesraan dan menampilkan yel-yel yang diikuti seluruh peserta dengan riang gembira. Malam kekeluargaan berakhir pada pukul 00.07 WIB.

Setelah acara malam kekeluargaan selesai, para pengurus diminta untuk masuk ke ruangan yang telah di sediakan. Di ruangan ini, Kak Rendi Septiyanto memberikan amlop yang berisikan kertas-kertas kosong kepada semua pengurus. Dengan kertas-kertas ini, kami menuliskan segala yang ingin kami sampaikan pada setiap pengurus tanpa perlu menuliskan identitas sehingga apa yang tidak bisa kami ungkapkan secara langsung, dapat diungkapkan melalui kertas-kertas ini. Setelah semua pengurus selesai, amplop-amplop tersebut dikumpulkan dan akan dibagikan setelah acara penutupan. Tak terasa jam telah menunjukkan pukul 02.15 WIB, sehingga kami kembali ke kamar dan beristirahat.

 

24 April 2016

Pukul 08.00 WIB pending dicabut. Agenda dilanjutkan dengan muayawarah I, yaitu Pembahasan Program Kerja Wilayah (Rapat Komisi) yang dipimpin oleh Pimpinan Sidang I yaitu Bambang Indrawan selaku Koordinator Wilayah, Pimpinan Sidang II yaitu Yulia Rahmiyati selaku Koordinator Badan Keuangan Wilayah dan Notulensi yaitu Amalia Dewi Nursyifa selaku Koordinator Badan Kesekretariatan Wilayah. Masing-masing badan diberikan waktu untuk berdiskusi, program apa yang akan dijalankan dan targetnya apa. Setiap badan diberikan waktu 2×30 menit, tetapi karena kemantapan untuk program kerja dari masing-masing badan maka pending 2×15 menit pun diajukan, lalu koor mengetuk palu. Setelah 2×15 menit berlalu, pending pun diajukan kembali, hingga akhirnya koor mengetuk palu untuk pending 2×10 menit. Diskusi masing-masing badan pun selesai.

Setelah pending, kami melanjutkan musyawarah II, yaitu Penyampaian dan Pembahasan Program Kerja Wilayah (Rapat Pleno). Setiap badan mulai menyampaikan program kerjanya selama satu tahun kedepan yang kemudian dibahas bersama, mulai dari Badan Kesekretariatan, Badan Keuangan, Badan Informasi dan Komunikasi, Badan Pengembangan Organisasi dan Badan Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat serta Badan Pengembangan dan Penelitian Keilmuan Wilayah. Penyampaian dan pembahasan program kerja wilayah selesai pada pukul 12.00 WIB, selanjutnya musyawarah pun dipending kembali selama 2×15 menit untuk istirahat, makan dan sholat.

Pada Pukul 12.30, pending dicabut. Agenda selanjutnya adalah Musyawarah III, yaitu Pengesahan Program Kerja Wilayah (Rapat Paripurna). Musyawarah ini akan mengesahkan program kerja wilayah yang telah disampaikan dan dibahas pada musyawarah II. Pengesahan program kerja wilayah disahkan oleh Pimpinan Sidang dengan di bacakan program kerja setiap badan dan diresmikan dengan ketukan palu pada pukul 12.40 WIB.

Selanjutnya, kami melakukan musyawarah ke IV, yaitu keputusan tambahan. Hasil dari keputusan tambahan adalah penentuan tempat Pra-Mukernas dan Muswil, Seminar Nasional, Pelatihan Karya Tulis Ilmiah dan Makrab Ilmiah. Kemudian kami dikelompokkan berdasarkan perguruan tinggi untuk mendiskusikan hal tersebut dan siapa yang akan mengajukan tender. Setelah lama berdiskusi akhirnya dibuka rapat kembali untuk penentuan tempat tersebut. Musyawarah ini disahkan pada pukul 13.30 WIB. Kemudian, acara Upgrading dan Rapat Kerja Wilayah ILMPI Wilayah IV (D.I.Yogyakarta) pun ditutup oleh Bambang Indrawan selaku Kordinator Wilayah IV sekaligus foto bersama seluruh pengurus, delegasi, dan juga tamu undangan pada pukul 14.00.

One thought on “Berita Acara Rakerwil ILMPI Wilayah IV

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *